Cara Menangani “Consider Replacing Your Battery” Pada Windows 7

Cara Menangani “Consider Replacing Your Battery” Pada Windows 7


Bagi  Engkau  pengguna laptop dgn sistem operasi Windows 7, cepat / lambat  Engkau  tentu bakal memperoleh notifikasi “consider replacing your battery” disertai dgn munculnya tanda silang merah di ikon baterai yg ada di system tray. Notifikasi yg timbul saat Windows 7 “menganggap” baterai laptop  Engkau  telah saatnya diganti.

Cara Menangani Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7 Image

Butuh diketahui kalau notifikasi ini timbul saat Windows 7 mendeteksi kalau kapasitas baterai laptop  Engkau  telah tidak lebih dari 40% kapasitas sewajibnya, & karenanya telah selayaknya diganti. Tetapi demikian, telah tidak sedikit laporan dari pengguna Windows 7 di beberapa pelosok dunia yg menyebutkan kalau kadangkala Windows 7 salah dlm mendeteksi kapasitas baterai laptop. Bahkan sempat ada seorang pengguna yg telah mengganti baterai laptopnya dgn yg baru tetapi tetap tetap memperoleh notifikasi ini.

Terlepas dari seksama tidaknya Windows 7 dlm mendeteksi kapasitas baterai laptop, rasanya kami sepakat kalau baterai laptop ialah barang yg mahal. Sehingga selagi tetapBisa dipakai dgn baik (mesikipun telah tidak lebih dari 40% kapasitas ideal), ya tidak butuh diganti.  Aku  pribadi berasumsi kalau selagi baterai laptop tetapBisa bersi kukuh di atas 30 menit maka belum saatnya diganti.

Jika  Engkau  mengalami persoalan “consider replacing your battery” semacam di atas,  Engkau  tidak butuh panik /pun buru-buru merogoh kocek dlm-dlm utk membeli baterai laptop baru. Ada sebuahtutorial sederhana utk menghapus notifikasi yg mengganggu tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

    Charge baterai kamu hingga full (99% – 100%), seusai itu matikan laptop Anda. Hingga bagian ini jangan dulu cabut charger-nya.
    Nasibkan laptop  Engkau  lalu tekan F8 berulang-ulang hingga timbul menu Advanced Boot Options. Pilih Safe Mode.

Cara Menangani Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7 Image

    Seusai telah masuk ke dlm Windows Safe Mode, barulah cabut charger baterai laptop Anda.

Cara Menangani Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7 Image

    Biarkan saja laptop menyala hingga mati sendiri karena baterainya sangatlah habis. Sangat disarankan utk tidak mengoperasikan laptop  Engkau  selagi proses ini. Biarkan saja hingga laptop mati sendiri.
    Seusai mati, pasang kembali charger laptop Anda, lalu nyalakan kembali laptop  Engkau  dgn normal. Hasilnya…semua kembali normal! Notifikasi “consider replacing your battery” & tanda silang merah di icon baterai tidak timbul lagi.

Cara Menangani Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7 Image

Teknik di atas pada dasarnya ialah sebuahtutorial utk mengkalibrasi kapasitas baterai laptop Anda. dgn menjalankan laptop mulai dari kondisi awal baterai penuh (kapasitas 100%) hingga sangatlah habis (kapasitas 0%), maka Windows 7 sehingga “tahu” kapasitas sebetulnya (real capacity) dari baterai laptop, & dengan cara otomatis men-setting ulang parameter-parameter yg berkaitan dgn baterai laptop tersebut.

Cara ini telah dicoba ke 2 laptop tidak sama, yaitu HP & Acer, & terbukti keduanya berhasil dgn berhasil. Jadi, KamuSekarang  tidak butuh bimbang lagi jika mendapat notifikasi “consider replacing your battery” di laptop Anda.

Catatan

Berdasarkan penjelasan engineer Windows 7 dlm salah satu rilis resmi di situs Microsoft, dijelaskan kalau sebetulnya notifikasi ini awalnya diniatkan utk menjadi salah satu fitur Ironi  di Windows 7 (hal ini tidak ada di Windows XP /pun Windows Vista), yg tujuannya ialah utk memberi tahu pengguna kalau baterai laptopnya telah aus & karenanya telah waktunya diganti.

Tetapi pada kenyataannya, tidak sedikit pengguna Windows 7 yg merasa terganggu dgn munculnya notifikasi ini. Sebagian ada yg memperdebatkan kalau batas (threshold) 40% dikualitas terlalu besar mengingat pada kapasitas 30%-an dari kapasitas ideal pun baterai laptop umumnya tetap mampu bersi kukuh kurang lebih 1 jam, & ini dirasa tetap lumayan memadai bagi pengguna laptop.Nir  hanya itu harga baterai laptop yg lumayan mahal membikin tidak sedikit pengguna enggan mengganti baterai laptopnya kecuali kalau telah sangatlah rusak.

Tetapi tidak sedikit pula yg berpendapat “fitur” ini sebagai bug, mengingat tidak sedikitnya permasalahan dimana Windows 7 terbukti salah dlm mendeteksi kapasitas sebetulnya dari baterai laptop.  Aku  pribadi tergolong yg berpendapat faktor ini sebagai bug! Mengapa? karena saat laptop HP saya mendapat notifkasi ini saya meperbuat pengujian dgn men-charge baterai hingga penuh kemudian masuk ke Windows normal (bukan Safe Mode) lalu memilih option Power Saver & mendiamkannya.

Hasilnya, hanya dlm waktu 48 menit laptop saya telah mati (baterai habis). saat telah saya kalibrasi & notifikasinya telah hilang, saya perbuat faktor yg sama.  Aku  charge hingga penuh kemudian masuk Windows normal lalu memilih Power Saver & mendiamkannya. Hasilnya sungguh tidak sama! Butuh waktuh 1 jam 24 menit sebelum akhirnya laptop saya mati karena daya di baterai habis. Sehingga ada beda kurang lebih 40 menit disini, & menurut saya selisih 40 menit ini sungguh sangat signifikan.

Kesimpulannya: Microsoft nampaknya terbukti tetapharus tidak sedikit kerja keras utk membenahi bug “consider replacing your battery” ini.


0 Response to "Cara Menangani “Consider Replacing Your Battery” Pada Windows 7"

Post a Comment