tutorial instalasi mikrotik

tutorial instalasi mikrotik

Mikrotik routerOS ialah sistem operasi & perangkat lunak yangBisa digunakan untuk sebagaikan komputer biasa sebagai router network yang handal,mencakup beberapa fitur yang dibangun untuk ip network & jaringan wireless.

Fitur-fitur tersebut diantaranya : Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, & tetap tak sedikit lagi fitur lainnya.

Komputer yang bakal digunakan sebagai router network lumayan dengan spesifikasi menengah, di tempat saya bekerja, Mikrotik dipergunakan pada cpu Pentium III 800 Mhz, RAM 512 mb & hdd 10 Gb sebagai firewall & hotspot server untuk melayani kurang lebih 150 user.

Berikut ini ialah step-step instalasi Mikrotik routerOS

Sebelumnya persiapkan dulu cd instalasi miktorik, apabila belum punya ya silahkan cari pinjaman / download dulu file ISO mikrotik di sini. Seusai cd siap bahwa masukkan ke cdrom & perbuat boot from cd.
pastikan komputer yang bakal dipergunakan mempunyai minimal satu ethernet card.

Seusai proses booting berakhir bahwa bakal timbul desain berikut (klik untuk foto yang lebih jelas):
mikrotik
Desain diatas ialah opsi paket-paket yang bakal di install, tekan 'a' untuk menginstall semuanya & disemakinkan dengan menekan 'I' untuk melanjutkan proses instalasi.

Proses instalasi dilanjutkan dengan pembuatan partisi & format harddisk, harap diingat bahwa mikrotik bakal mengambil semua space yang ada di harddisk. sebab itu tak disarankan utk menginstall mikrotik pada harddisk operasional yang berisi data-data penting semacam mp3 / mungkin file avi kesayangan anda. (lho kok data operasional penting mp3 & avi .. jangan jangan :-D )

Seusai meperbuat pembuatan partisi & memformat harddisk bahwa bagian terbaru ialah menginstall paket-paket yang dipilih pada awal tadi ke dalam harddisk. seusai berakhir tekan enter untuk reboot.

Mikrotik yang baru saja di download & di install ialah versi bagikanware yang hanyaBisa dipergunakan sementara & bakalBisa dipergunakan lebih lanjut bila meperbuat registrasi terlebih dahulu, tapi jangan khawatir, versi ini telah lumayan untuk digunakan belajar kok.

Mikrotik telah berakhir di install, &Bisa dipergunakan dengan login sebagai user admin & tanpa password.Selanjutnya ialah setting network, sebagai contoh mikrotik bakal diberi alamat ip 192.168.202.1 dengan netmask 255.255.255.0.

Untuk itu ketikkan pada console perintah berikut

/ip address add address=192.168.202.1 broadcast=192.168.202.255 network=192.168.202.0 netmask=255.255.255.0 interface=ether1
NahSekarang  mikrotik telahBisa diremote baik dengan telnet maupun dengan Winbox. Winbox ialah suatu  utility untuk meperbuat remote ke server mikrotik kami dalam mode GUI.

Untuk menbisakan winbox, buka browser & arahkan ke http://192.168.202.1/winbox/winbox.exe

Berikut ini screenshot dari winbox tersebut

Demikian step-step instalasi mikrotik yangBisa saya hinggakan, selanjutnya Insya Allah di peluang lain bakal saya lanjutkan dengan konfigurasi fitur-fitur mikrotik lainnya.

0 Response to "tutorial instalasi mikrotik"

Post a Comment